Total Tayangan Halaman

Rabu, 18 Januari 2012

Metode Metode Pembelajaran

1. Metode Ceramah
        Ceramah merupakan metode yang paling umum digunakan dalam pembelajaran. Pada metode ini, guru menyajikan bahan melalui penuturan atau penjelasan lisan secara langsung terhadap peserta didik.
2. Metode Demonstrasi
       Melalui metode demonstrasi guru memperlihatkan suatu proses, peristiwa, atau cara kerja suatu alat kepada peserta didik. Demontrasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang sekadar memberikan pengetahuan yang sudah diterima begitu saja oleh peserta didik, sampai pada cara agar peserta didik dapat memecahkan suatu masalah.
3. Metode Diskusi
      Diskusi dapat diartikan sebagai percakapan responsif yang dijalin oleh pertanyaan - pertanyaan problematis yang diarahkan untuk memperoleh pemecahan masalah. Hal tersebut sejalan dengan pengertian yang dikemukakan dalam kamus besar bahasa indonesia ( 1998 ) bahwa diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Dalam diskusi selalu ada pokok permasalahan yang perlu dipecahkan.
4. Metode Inquiry
       Inquiry berasal dari bahasa inggris "inquiry", yang secara harfiah berarti penyelidikan. Carin dan Sund (1975) mengemukakan bahwa inquiry adalah the process of investigating a problem. adapun Piaget mengemukakan bahwa metode inquiry merupakan metode yang mempersiapkan peserta didik pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri secara luas agar melihat apa yang terjadi, ingin melakukan sesuatu, mengajukan pertanyaan - pertanyaan, dan mencari jawabannya sendiri, serta menghubungkan penemuan satu dengan penemuan yang lain, membandingkan apa yang ditemukannya dengan yang ditemukan peserta didik lain.
5. Metode Simulasi
      simulasi berasal dari kata simulate yang artinya berpura - pura atau berbuat seakan - akan. sebagai metode mengajar, simulasi dapat diartikan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konse, prinsip atau keterampilan tertentu. simulasi dapat digunakan sebagai metode mengajar dengan asumsi tidak semua proses pembelajaran dapat dilakukan secara langsung pada objek yang sebenarnya. belajar bagaimana cara mengoperasikan sebuah mesin yang mempunyai karakteristik khusus misalnya, siswa sebelum menggunakan mesin yang sebenarnya akan lebih bagus melalui simulasi terlebih dahulu. demikian juga untuk mengembangkan pemahaman dan penghayatan terhadap suatu peristiwa, penggunaan simulasi akan sangat bermanfaat.
6. Metode Eksperimen
       Metode eksperimen merupakan suatu bentuk pembelajaran yang melibatkan peserta didik dengan benda - benda, bahan - bahan dan peralatan laboratorium, baik secara perorangan maupun kelompok. Eksperimen merupakan situasi pemecahan masalah yang di dalamnya berlangsung pengujian suatu hipotesis, dan terdapat variabel - variabel yang dikontrol secara ketat. Hal yang diteliti dalam suatu eksperimen adalah pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain.
7. Metode Pemecahan Masalah
       Menurut Gagne (1985), kalau seorang peserta didik dihadapkan pada suatu masalah, pada akhirnya mereka bukan hanya sekadar memecahkan masalah, tetapi juga belajar sesuatu yang baru.
8. Metode Karyawisata
      Karyawisata merupakan suatu perjalanan atau pesiar yang dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman langsung dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. Meskipun karyawisata memiliki banyak hal yang bersifat nonakademis, tujuan umum pendidikan dapat segera dicapai, terutama berkaitan dengan pengembangan wawasan pengalaman tentang dunia luar.
9. Metode Perolehan Konsep
       Belajar konsep merupakan hasil utama pendidikan, konsep - konsep merupakan batu - batu pembangun ( building block) berpikir. konsep - konsep merupakan dasar bagi proses - proses mental yang lebih tinggi untuk memasukan prinsip - prinsip dan generalisasi - generalisasi. oleh karena itu, untuk memecahkan masalah, seorang peserta didik harus memenuhi aturan - aturan yang selaras dan aturan - aturan ini didasarkan pada konsep - konsep yang diperolehnya.
10. Metode Penugasan
      Metode penugasan merupakan cara penyajian bahan pelajaran. pada  metode ini guru memberikan seperangkat tugas yang harus dikerjakan peserta didik, baik secara individual maupun secara kelompok.
11. Metode Tanya Jawab
      Metode tanya jawab merupakan cara menyajkan bahan ajar dalam bentuk pertanyaan - pertanyaan yang memerlukan jawaban untuk mencapai tujuan. pertanyaan - pertanyaan bisa muncul dari guru, bisa juga dari peserta didik, demikian halnya jawaban yang muncul bisa dari guru maupun dari peserta didik. pertanyaan dapat digunakan untuk merangsang aktivitas dan kreativitas berfikir peserta didik. karena itu, mereka harus didorong untuk mencari dan menemukan jawaban yang tepat dan memuaskan. dalam mencari dan menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut peserta didik harus menghubungkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimilikinya dengan pertanyaan yang akan dijawabnya.

Sumber : 
Prof. H. Wina  Sanjaya, M.Pd .Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Dr. E. Mulyasa, M.Pd . Menjadi Guru Profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar